Dialektika 2018

  • By Hima Ekonomi Islam FEB Unair
  • In HIMA EKIS NEWS
  • Posted 29 Mei 2018

DIALEKTIKA: RUH KAJIAN HIMA EKIS

 

1522556584962

 

“Siapapun juga tidak boleh meremehkan untuk hadir di majelis ilmu, hendaknya berusaha untuk menghadirinya, karena bisa jadi mendapatkan faedah yang menjadi sebab ia masuk ke surga.” (Syaikh Shalih Al Fauzan)

 

Untuk menumbuhkan kembali sistem ekonomi Islam, peran mahasiswa dan akademisi sangat diperlukan untuk mempublikasikan dan mengarahkan masyarakat terhadap pentingnya ilmu ini sebagai solusi masalah perekonomian saat ini. Pengenalan dan pemahaman sistem ekonomi Islam pada sebagaian kalangan saja tidak cukup kuat untuk menawarkan sistem ekonomi ini sebagai solusi masalah ekonomi dunia. Peran aktif mahasiswa, khususnya mahasiswa Ekonomi Islam dan para akademisi dalam memasyarakatkan sistem ekonomi ini diperlukan dengan cara megenalkan kepada masyarakat melalui media-media pembelajaran (seperti forum dan diskusi ilmiah), media elektronik, media cetak, media kemasyarakatan (seperti sosialisasi dan restrukturisasi dalam sistem perekonomian) dan media lainnya. Hal inilah yang melatarbelakangi Divisi Keilmuan Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga menyelenggarakan Dialog Ekonomi Bakti Akademika (DIALEKTIKA) sebagai salah satu dari program kerja yang bertujuan untuk lebih mensosialisasikan ekonomi islam serta mengasah pemikiran kritis mahasiswa terhadap isu dan topik populer ekonomi Islam.

Dialog Ekonomika Bakti Akademika atau yang biasa disingkat Dialektika adalah program kerja Divisi Keilmuan Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Airlangga yang menjadi wadah untuk mendiskusikan dan membahas isu-isu kontemporer tentang ekonomi Islam. Program kerja ini dibagi dalam dua format kegiatan. Pertama adalah kajian rutin yang diadakan setiap dua minggu sekali pada hari Jumat pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.00, dan yang kedua adalah seminar yang diadakan satu kali dalam tiap semester.

Adapun pelaksanaan kajian Dialektika diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, sedangkan seminar dibuka untuk umum. Pemateri pada kegiatan Dialektika biasanya disesuaikan dengan tema yang dibahas. Pemateri dialektika terdiri dari mahasiswa ekonomi Islam tingkat atas, alumni ekonomi Islam, dan dosen ekonomi Islam. Sedangkan untuk topik yang dibahas telah disiapkan dan dikaji Divisi Keilmuan satu bulan sebelum penyelenggaraan. Topik yang dibahas adalah seputar isu-isu kontemporer yang diharapkan dengan adanya kajian ini mampu membuka wawasan mahasiswa ekonomi Islam untuk meningkatkan awareness mengenai kondisi ekonomi Islam saat ini. Pelaksanaan Dialektika biasanya adalah dimulai dengan penyampaian materi oleh pemateri yang dilanjutkan dengan diskusi bersama. Notulensi kajian juga akan diposting melalui website Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam yang bertujuan agar mahasiswa yang tidak mengikuti kajian dapat membaca hasil kajian sehingga ilmunya dapat terdistribusi kepada seluruh golongan.

Tags :
Hits 55