Pena KTI 2018

  • By Hima Ekonomi Islam FEB Unair
  • In HIMA EKIS NEWS
  • Posted 29 Mei 2018

PENA KTI: Menulislah, Maka Dunia Akan Mengenalmu

 

 1526830639977

 

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.” (Pramoedya Ananta Toer)

 

Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (PENA KTI)  adalah salah satu program kerja Divisi Keilmuan Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Program kerja ini merupakan fasilitas yang diperuntukan bagi warga Ekonomi Islam yang ingin belajar, memperdalam dan mengukir prestasi di bidang penulisan karya tulis ilmiah. Seperti namanya, program ini fokus pada pendalaman keilmuan di bidang penalaran dan kepenulisan. Pena KTI sendiri adalah program rutinan yang diadakan setiap satu minggu sekali dan diisi oleh pemateri yang ahli dalam kepenulisan.

 

1526830644180

 

Adapun Pena KTI pada tahun 2018 ini dibagi menjadi dua kelas pada pelatihannya, yakni kelas beginner dan intermediate. Kelas beginner adalah kelas yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang baru ingin memulai belajar menulis karya tulis ilmiah. Mahasiswa yang mengikuti kelas beginner terdiri dari mahasiswa yang sama sekali belum mengetahui karya tulis ilmiah, sehingga dengan adanya pelatihan ini diharapkan mahasiswa ekonomi Islam mampu menorehkan ide-idenya dalam bentuk tulisan dengan dibina oleh tutor berpengalaman. Sedangkan kelas intermediate adalah kelas yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang sebelumnya sudah menggeluti dunia kepenulisan karya tulis ilmiah dan pernah menjuarai lomba karya tulis di tingkat nasional, sehingga dalam kelas ini pelatihannya lebih fokus kepada pengembangan dan pendalaman kemampuan yang lebih tinggi di bidang kepenulisan karya tulis ilmiah. Mahasiswa yang mengikuti kelas intermediate untuk jangka panjangnya diharapkan mampu menjadi tutor yang memonitor mahasiswa yang mengambil kelas beginner.

Pena KTI dilaksanakan rutin setiap satu minggu sekali dengan kurikulum dan materi yang setiap minggunya menuntut adanya progress dari peserta. Pelaksanaan pelatihan Pena KTI rutin dilaksanakan di lantai 1,5 atau 2,5, Ruang Diskusi dan Departemen Ekonomi Syariah. Untuk kelas beginner rutin dilaksanakan satu pekan sekali dengan dua sesi, yakni hari Selasa, pukul 09:00-11:00 (Sesi 1) dan 13:00-15:00 (Sesi 2). Untuk kelas intermediate dilaksanakan setiap hari Kamis pukul 18:00-20:00 yang dibimbing langsung oleh Pak Raditya Sukmana (Ketua Departemen Ekonomi Syariah). Pelatihan Pena KTI adalah kolaborasi dari seluruh stakeholders ekonomi Islam di Universitas Airlangga, yang mana peserta Pena KTI adalah mahasiswa ekonomi Islam dari seluruh angkatan dan tutornya adalah mahasiswa ekonomi Islam, alumni serta dosen ekonomi Islam.

 

1526830651781

 

Output yang diharapkan dari adanya pelatihan Pena KTI adalah mahasiswa yang mengikuti kelas beginner mampu menulis karya tulis ilmiah dan minimal pernah menjuarai lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional sebanyak satu kali. Hal ini tentunya sudah disepakati dan menjadi misi setiap peserta Pena KTI. Untuk menanamkan komitmen dan keinginan yang kuat, setiap peserta di awal pembinaan telah diberi penjelasan mengenai forecase pelatihan Pena KTI yang menuntut keaktifan peserta dalam menulis. Selain itu, peserta yang serius ingin memperdalam ilmunya melalui pelatihan ini wajib menandatangain Surat Pernyataan Komitmen yang telah disediakan oleh Divisi Keilmuan. Adapun untuk mencapai target tersebut, tentunya ada strategi-strategi yang ditempuh. Divisi Keilmuan membagi peserta menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari tiga mahasiswa yang selanjutnya tim tersebut akan menjadi partner dalam mengikuti berbagai kompetisi karya tulis ilmiah. Sedangkan untuk membimbing dan mengawasi tim, Divisi Keilmuan juga telah membagi tutor ke dalam tim. Jadi, satu tutor mengawasi dan membimbing dua hingga tingga tim. Selanjutnya setelah ada pembentukan tim, Divisi Keilmuan juga membuat daftar lomba karya tulis ilmiah yang direkomendasikan dan dijadikan project bersama bagi peserta Pena KTI.

Setelah peserta Pena KTI mampu menuangkan idenya dalam bentuk tulisan dan mampu menorehkan prestasi dalam berbagai kompetisi, Divisi Keilmuan berharap akan ada transfer ilmu dari peserta yang sudah mengikuti pelatihan kepada mahasiswa lain yang belum mengikuti pelatihan. Selain itu pada tahun 2018 ini, target Divisi Keilmuan adalah mampu menghimpun minimal 50 karya tulis mahasiswa ekonomi Islam yang Alhamdulillah pada bulan April 2018 kemarin target tersebut telah tercapai.

Tags :
Hits 46