Program Pembinaan Akademik 2018

  • By Hima Ekonomi Islam FEB Unair
  • In HIMA EKIS NEWS
  • Posted 31 Oktober 2018

Kegiatan pembelajaran dalam perkuliahan terus berkembang setiap tahunnya. Mulai dari pengembangan teori yang diajarkan, bobot soal, sampai standar nilai minimal yang harus dicapai. Oleh karena itu, diperlukan adanya penunjang bagi mahasiswa, sehingga proses pembelajaran tidak terhenti sebatas jam kuliah saja. Dalam hal ini divisi keilmuan Himpunan Mahasiwa Ekonomi Islam Universitas Airlangga membuat suatu program penunjang yaitu “PPA” atau Program Peningkatan Akademik. Program ini membantu mahasiswa aktif ekonomi Islam Universitas Airlangga dengan cara memberikan asistensi dan modul penunjang. Sehingga diharapkan standar perkuliahan yang terus meningkat tiap tahunnya dapat diimbangi dengan peningkatan kemampuan akademik para mahasiswa.

 

1537945695430

 

Asistensi merupakan salah satu kegiatan dari PPA. Program asistensi berkala yang ditujukan untuk menunjang kegiatan perkuliahan mahasiswa Ekonomi Islam. Program ini dilaksanakan rutin tiga kali sepekan, degan tiga mata kuliah untuk mahasiswa semester satu dan mahasiswa semester tiga. Dengan adanya asistensi diharapkan mahasiswa Ekonomi Islam bisa merasakan manfaat berupa kemudahan dalam mencerna pelajaran diluar jam perkuliahan.

Modul Belajar Mahasiswa merupakan sub program kerja PPA (Program Pembinaan Akademik) dari Divisi Keilmuan Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam 2018. Modul Belajar Mahasiswa berisi rangkuman materi dari seluruh mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa. tujuan diadakannya Modul Belajar ini ialah sebagai wadah pengembangan akademik mahasiswa dan sebagai media belajar disamping buku-buku diktat perkuliahan. Modul belajar mahasiswa disusun dalam dua periode yaitu pra UTS dan pra UAS. Seluruh anggota divisi keilmuan menjadi penyusun dalam Modul Belajar Mahasiswa. 

 

1537945702229

 

Bagi mahasiswa yang masuk dalam daftar evaluasi studi dua dan empat tahunan karena tidak terpenuhinya  sistem kredit semester (SKS) ataupun karena tidak terpenuhinya batas indeks prestasi kumulatif (IPK) maka divisi keilmuan memberikan pendampingan yang dinamakan CDO (Calon Drop Out). Kami memberikan pendampingan berupa Asistensi mata kuliah yang menurut mahasiswa tersebut sulit dan memberikan sedikit konseling untuk mahasiswa tersebut sampai mahasiswa tersebut dapat lepas dari predikat CDO.

Tags :
Hits 17