Investasi Mudharabah 2018

  • By Hima Ekonomi Islam FEB Unair
  • In HIMA EKIS NEWS
  • Posted 22 Jun 2018

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga merupakan suatu civitas akademika yang menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan bisnis di Indonesia Timur khususnya Jawa Timur. Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak sekali pengetahuan dan isu-isu ekonomi seperti ekonomi dan bisnis syariah yang menjadi bahan perbincangan di kalangan ekonom dan pebisnis di Indonesia. Mahasiswa ekonomi merupakan aset bangsa yang keberadaannya disebut-sebut sebagai “Agent of  changes” diharapkan mampu membawa masyarakat kepada arah kehidupan ekonomi yang lebih baik. Mereka diharapkan mampu menyalurkan kepedulian  terhadap  perkembangan ekonomi bangsanya, tidak hanya  berkutat, tinggal diam, dan mengikuti materi perkuliahan tanpa mau menengok kondisi perekonomian di dunia nyata. Ekonomi perlu menjadi dunia perhatian dan penelitian para  mahasiswa yang notabene adalah generasi muda untuk memberikan wacana baru bagi perkembangan ekonomi bangsa karena perekonomian bangsa masih merupakan bentangan benang  kusut yang masih memerlukan banyak kajian dan studi untuk menegakkannya.

Investasi mudharabah merupakan salah satu proker pendanaan yang ada pada divisi kewirausahaan. Kami menggunakan akad mudharabah pada setiap pendanaan ini. Dimana kami hanya berperan sebagai penghubung antara mudharib (pemilik usaha) dengan shahibul maal (pemilik dana). Kami membuka booth untuk investasi pada tanggal 19 Februari hingga 3 Maret 2018 tepatnya di corner gedung FEB Universitas Airlangga pada pukul 08.00 hingga 16.00. Kami menawarkan untuk setiap pembelian satu surat berharga dengan harga Rp 50.000. Dana yang kami kumpulkan berkisar Rp 12.000.000 dan akan kami salurkan pada sekitar lima mudharib yang notabene adalah dari mahasiswa aktiv ekonomi islam dan usaha yang sudah ada adalah usaha yang sudah bejalan dan sudah kami survei keberlangsungannya.

 

1526830522714

 

Untuk transparansi hasilnya, kami membuat grup dengan para shahibul maal untuk laporan transparansi sertiap bulannya dan kami berharap uang yang dikelola para mudharib dapat berkembang. Prosentase pembagian 45% untuh shahibul maal dan 55% untuk mudharib. Hasil dana akan dikembalikan beserta nisbahnya sekitar bulan Oktober pada akhir kepenggurusan. Program kerja ini cukup menarik banyak mudharib beserta shahibul maal karena kami sampai memperpanjang jangka waktu penggumpulan investasi. Tetapi karena kami hanya memilih usaha yang sudah berjalan dengan stabil maka kami tidak bisa menerima banyak mudharib untuk didanai.

 

1526830547286

Tags :
Hits 58