Friendship in Economics of Sharia 2018

  • By Hima Ekonomi Islam FEB Unair
  • In HIMA EKIS NEWS
  • Posted 21 Oktober 2018

FRESH 2018

Merupakan acara pengkaderan dan pengenalan mahasiswa baru terhadap lingkungan kampus baik secara internal maupun eksternal. Dinaungi oleh HIMA EKIS UNAIR dan PSDM HIMA EKIS UNAIR, acara FRESH 2018 berlangsung pada 25 Agustus, 1 September, dan 8 September 2018

DAY 1

Day 1 kita melakukan kegiatan fresh ini dikampus tepatnya di ruang 211. Day 1 merupakan acara pembukaan dari kegiatan fresh. semuanya berjalan lancar, semua panitia dan peserta tidak ada yang terlambat. Briefing panitia sudah matang dan sudah diberitahu rundown acara untuk hari ini dan perlengkapan perlengkapan pun sudah disiapkan. Waktu tiba pukul 06.30 waktunya para peserta fresh memasuki ruangan, agak memakan waktu karena pesertanya banyak jadi kurang kondusif tetapi masih bisa kita atasi. Peserta fresh sudah memasuki ruangan, waktunya menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Airlangga dan Hymne Ekonomi Islam akan tetapi, ketika lagu Hymne Airlangga dan Hymne Ekonomi Islam sound yang ada diruangan itu mendadak putus putus. Tetapi, mereka para peserta dan panitia tidak ikut ikutan berhenti, mereka tetap berantusias bernyanyi dengan lantang sambil menunggu seseorang memperbaiki sound itu. Waktu sedikit terhambat disitu, rundown acara sedikit berantakan tapi sie acara dan sie sie lainnya berusaha agar rundown yang berantakan itu tidak mempengaruhi di acara-acara selanjutnya. Bergegaslah kami, dengan meng-cut sedikit rangkaian acara yang sekiranya tidak membutuhkan waktu lama karena rundown yang kita buat juga sudah dilebih-lebihkan jamnya. Setelah menyanyikian lagu-lagu peserta fresh disambut oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam yaitu Muhammad Rasyid dan pemutaran video tentang Himpunan Mahasiswa beserta staff yang ada didalamnya serta pengenalan program kerja apa saja yang dikerjakan. Kemudian ada sosialisasi PKM dari Dirmawa.

Waktu istirahat tiba, peserta fresh ishoma. Peserta menuju masjid untuk shalat dhuhur berjamaah disana. Panitia menjalankan jobdesknya masing masing untuk mengarahkan peserta agar kondisi tetap kondusif. Setelah waktu istirahat masing masing kelompok menampilkan yel-yel mereka agar suasana tidak terlalu serius. Peserta fresh sangat bersemangat dalam menampilkan yel-yel mereka, tertawa dan mencoba saling mengenal satu sama lain. Sangat menyenangkan sekali. Ditambah lagi, dengan adanya sharing caring bersama warga Ekonomi Islam 2014 dan 2015, masing masing kelompok diberi 2 warga Ekonomi Islam. Tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat mereka akrab dengan para warga  mereka, mereka sangatlah berantusias bertanya kepada warga. Apa saja yang mereka dapat selama kuliah, apa yang mereka lakukan, bagaimana mendapatkan nilai yang baik dan sangat banyak pertanyaan yang mereka tanyakan lainnya. Mereka mengeluh ketika sharing caring berakhir karena mungkin sudah mengenal satu sama lain. Panitia mengatur peserta agar kondusif seperti awal karena saatnya ishoma dan acara selanjutnya adalah pemilihan komting angkatan sementara mereka. Minimal ada 3 calon komting, ada yang sukarela ada yang dicalonkan oleh kelompoknya. Calon komting menyuarakan visi dan misi mereka, tidak semuanya visi dan misi itu serius sehingga menjadi seperti bahan lelucon bagi mereka. Saatnya pemilihan komting dengan cara voting, tidak lama komting sementara pun terpilih.



DAY 2

Day 2 adalah outbound yang dilakukan di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kendalanya disini adalah sulitnya untuk mencari lahan yang kosong untuk pembagian setiap posnya. Ada 6 pos dan masing-masingnya terdapat esensi yang akan disampaikan. Pos 1 tentang solidaritas, pos 2 tentang respect, pos 3 tanggung jawab, pos 4 tentang prioritas, pos 5 pride, pos 6 tentang kepemimpinan. Batas waktu outbound dilaksanakan sampai dhuhur setelah itu ishoma dan mulai untuk shalat berjamaah di masjid Nurruzaman.

Acara selanjutnya adalah lifeskill, lifeskill ini untuk mendapatkan potongan emblem Ekonomi Islam. Peserta fresh harus menemui warga untuk mendapatkan emblem itu, disetiap posnya warga memberikan materi singkat seperti pos-pos yang diawal. Setelah mendapatkan emblem mereka menyusun emblem dan hanya diberikan waktu 10 menit karena adzan ashr sudah terdengar. Setelah ishoma, keamanan masuk untuk mengeval apa saja kesalahan mereka, apa saja kesalahan tugas mereka dan bagaimana seharusnya mereka bersikap dengan orang dewasa. Kali ini kemanan sedikit lebih tegas karena peserta sendiri menganggap remeh tugas yang diberikan panitia, padahal panitia memberikan tugas itu karena ada esensi tersendiri akan tetapi mereka menganggap remeh tugas itu. Mereka saling berargumen satu sama lain, mencari jalan keluar dari persoalan ini. Membuat mereka mengerti bahwa kita tidak hanya sekedar memberikan tugas.

E296F0A0 C8FF 492E BC73 016570AC6F5B

5CF13771 6F5D 4D46 A955 264CD772653F

 

DAY 3

Day 3 hari terakhir fresh. Antara suka duka bercampur jadi 1, kita kerahkan semua usaha agar day 3 ini berkesan menjadi penutupan yang berkesan dan selalu diingat peserta fresh 2018. Di pagi hari kami melaksanakannya di Aula ABC, pada day 2 peserta sudah diberikan tugas membuat power point tentang program kerja yang mereka rencanakan dan inagurasi masing-masing kelompok. Dan saat ini mereka mempresentasikan program kerja dengan membentuk 3 kelompok besar, dari program kerja itu sendiri mereka diberi amanah dan tanggung jawab bagi angkatan mereka bagaimana agar terwujud bersama. Setelah mempresentasikan program kerja masing-masing waktunya acara selanjutnya yaitu sharing caring bersama warga membicarakan permasalahan yang terjadi selama fresh berlangsung, seperti day 1 mereka tetap antusias dengan sharing caring ini. Saling berargumen pun terjadi antara panitia, peserta dan warga. Terjadi begitu lama dan memakan banyak acara, sehingga membuat rundown cadangan.

Waktu ishoma tiba, antara lega, senang dan sedih menjadi satu. Mereka saling berpelukan satu sama lain. Kita berpindah tempat menuju GOR IKOMA untuk inagurasi dan awarding. Saat inagurasi, terasa senang sekali tertawa, menari, dan menari terasa sekali kekeluargaan di Ekonomi Islam antara panitia dan peserta. Awarding tiba ini yang mereka nantikan. Nominasinya adalah Ikwan and Akhwat 2018, diambil atas seberapa besar mereka aktif dan bagaimana mereka bersikap, yel-yel terbaik, inagurasi terkreatif, diambil bagaimana anak ini bersikap kepada panitia, proker terpilih. Setelah bersenang-senang waktunya shalat ashar dimasjid Nuruzzaman dan bersiap-siap ke parkiran belakang masjid untuk melakukan paper mob dan closing.

 

A89CC9D5 84F5 4B43 8148 372703552662

911A0F5D 047E 44BE 87F6 6C5C94EC2A23

DFDE610F 57D9 4DD6 A5FC 227CF923D7F5

Tags :
Hits 56