Sejarah HIMA EKIS Unair

 

Hima Ekonomi Islam adalah salah satu himpunan mahasiswa di lingkungan civitas akademika yang mewadahi seluruh mahasiswa jurusan Ekonomi Islam FEB UA. HIMA EKIS berdiri sejak tahun 2008 yaitu pada angkatan kedua dimana pada saat itu masih menjadi Minat Studi Ekonomi Islam (MSEI). Angkatan pertama dari MSEI adalah angkatan 2006 yang beranggotakan 21 orang mahasiswa yang berasal dari mahasiswa jurusan Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi yang bertekad untuk menjadi mahasiswa MSEI. Hal inilah yang menyebabkan terbentuknya HIMA EKIS pada angkatan kedua yaitu sebanyak 62 mahasiswa baru.

Hingga akhirnya pada tanggal 24 September 2007, berkat perjuangan para dosen yang gigih dalam pembentukan studi Ekonomi Islam, bantuan semua pihak serta ridho Allah SWT, lahirlah Departemen Ekonomi Syariah sebagai departemen perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki jurusan Ekonomi Islam ini secara langsung memberikan status yang jelas kepada mahasiswa angkatan 2006 dan 2007 menjadi mahasiswa jurusan Ekonomi Islam (nama MSEI tidak dipakai lagi), dan secara tidak langsung mengharuskan adanya sebuah himpunan mahasiswa di bawah naungannya. Dengan inisiatifnya, para dosen departemen Ekonomi Syariah dan para mahasiswa Ekonomi Islam setuju untuk segera membentuk himpunan mahasiswa beserta kepengurusannya.

Pada tanggal 1 Maret 2008, mahasiswa angkatan 2006 dan 2007 berkumpul dalam sebuah rapat koordinasi pembentukan Hima Ekonomi Islam dan berhasil membentuk panitia persiapan pembentukan hima yang dinamakan “Panitia Sembilan”. Tugas dari Panitia Sembilan ini adalah mempersiapkan segala hal untuk lahirnya hima, termasuk pembuatan rancangan konsep AD/ART untuk diajukan dalam Musyawarah Mahasiswa.

Setelah semua hal dipersiapkan, akhirnya pada hari Sabtu, 24 Mei 2008, Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam terbentuk dengan diselenggarakannya Musyawarah Mahasiswa I (Musma I). Pada Musma I ini menghasilkan AD/ART HIMA EKIS dan terpilihnya Ana Toni Roby sebagai ketua HIMA EKIS pertama. Kepengurusan HIMA EKIS pertama ini berlangsung dalam kurun waktu enam bulan, namun mampu memberikan hal-hal, sumbangan dan fondasi yang penting dalam kepengurusan HIMA EKIS selanjutnya.

Hits 569