Iqtishoduna 2018

  • By Hima Ekonomi Islam FEB Unair
  • In HIMA EKIS NEWS
  • Posted 04 November 2018

IQTISHODUNA merupakan Program Kerja terbesar dalam Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Di dalam IQTISHODUNA 2018 terdapat 3 (Tiga) sub acara, yaitu iSlamic Economics Olympiad (SEO), Seminar and Call For Paper (SCFP), dam Sharia Fair (SF).

Kegiatan IQTISHODUNA ini dilaksanakan oleh Mahasiswa Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Dan diadakannya acara IQTISHOSUNA ini adalah ditujukan untuk semua kalangan, mulai dari siswa SMA, mahasiswa, hingga masyarakat umum guna memperkenalkan Program Studi Ekonomi Islam.

Jadi kegiatan 3 (Tiga) sub acara yang terdapat dalam IQTISHODUNA ini dilaksanakan di beberapa tempat, iSlamic Economics Olympiad (SEO) dan Seminar and Call For Paper (SCFP) dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga dimana dalam serangkaian acara tersebut diadakan fieldtrip dengan melakukan kunjungan di tempat monumental di Surabaya seperti di Tugu Pahlawan, Javalaseva Jayamahe, dll. Sedangkan untuk Sharia Fair (SF) dilaksanakan di Royal Plaza Surabaya.

  1. ISlamic Economics Olympiad (SEO)

ISlamic Economics Olympiad (SEO) adalah kompetisi nasional tingkat SMA/MA sederajat yang meliputi seluruh daerah di Indonesia. Setiap tim terdiri dari dua siswa aktif dan harus berasal dari sekolah yang sama. Sebelum dilaksanakan babak penyisihan online yang diadakan bulan Agustus, akan diadakan dua kali try out yang masing-masing akan dilakukan pada bulan Mei dan Agustus. Try out dilakukan melalui sistem online. Kemudian, pada bulan Agustus juga akan dilaksanakan babak penyisihan yang juga dilaksanakan melalui sistem online.

Pada pelaksanaan penyisihan online hanya diambil 50 tim terbaik untuk melanjutkan ke babak selanjutnya di kota Surabaya. Kemudian peserta akan melakukan beberapa babak untuk memperebutkan juara 1, 2, 3, harapan 1, dan harapan 2. Hadiah terdiri dari sertifikat pemenang, medali, trofi, dan uang tunai. Setelah babak olimpiade selesai, peserta akan melakukan field trip ke beberapa tempat terkenal di Surabaya. Pengumuman pemenang akan diumumkan di puncak acara IQTISHODUNA.

SEO IQTISHODUNA UNAIR

SEO IQTISHODUNA

  1. Seminar and Call For Paper (SCFP)

Kegiatan ini terbagi menjadi dua yaitu Call For Paper dan Seminar Nasional merupakan kompetisi karya tulis ilmiah ekonomi Islam tingkat nasional untuk kategori mahasiswa aktif D3atau S1 seluruh Indonesia. Tata cara pendaftaran kompetisi  ini dengan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh panitia beserta ketentuannya dan tidak dikenakan biaya. Peserta terdiri darisatu tim, satu tim terdiri dari maksimal tiga orang (boleh individu). Untuk seleksi tahap awal,  setiap tim diminta mengirim Abstrak terlebih dahulu ke panitia untuk diseleksi oleh dewan juri. Wajib mengirim full paper ke panitia apabila abstrak dinyatakan lolos oleh dewan juri dan akan diambil 10 finalis dengan perolehan nilaipaper tertinggi yang selanjutnya diwajibkan untuk mempresentasikan paper-nya di hadapan 3 dewan juri dan audience.Peserta yang terpilih akan dikenakan biaya registrasi yang dialokasikan untuk akomodasi selama di Surabaya. Babak selanjutnya yakni semifinal yang terdiri dari 5 tim yang terpilih untuk memperebutkan juara 1, 2, dan 3. Pada semifinal ini, masing-masing peserta akan diberikan Study case untuk selanjutnya mempresentasikan analisisnya terkait Study case tersebut dihadapan ke tiga dewan juri dan para finalis lainnya. Acara Call For Paper (CFP) diselenggarakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Sedangkan Seminar Nasional adalah acara kelanjutan dari Call For Paper yang bertujuan untuk mengkaji ekonomiIslam oleh para pakar ekonomi Islam. Peserta dari seminar ini adalah masyarakat umum beserta para finalis dari Call For Paper. Seminar Nasional akan menghadirkan para pembicarabaik dari akademisi ekonomi Islam, praktisi ekonomi Islam, dan pemangku kebijakan ekonomi Islam. Sebelum seminar berakhir, akan diumumkan para pemenang Call For Paper yaitu juara 1, 2, 3, harapan 1,dan harapan 2.

SCFP EKONOMI ISLAM UNAIR

SCFP GALA DINNER

SCFP FIELD TRIP

  1. Sharia Fair (SF)

Sharia Fair 2018 sebagai penutup serangkaian acara IQTISHODUNA yang merupakan acara tahunan HIMA Ekonomi Islam Universitas Airlangga juga sebagai ajang expo produk dari berbagai Lembaga Keuangan Syariah, diharapkan HIMA Ekonomi Islam dapat menjalin kerjasama serta menjalin silaturahmi antara perusahaan, Lembaga Keuangan Syariah, dan mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Airlangga. Konsep acara adalah display produk dari perusahaan - perusahaan (bazar) dan perusahaan memberikan informasi kepada masyarakat agar mereka mengetahui sejauh mana perusahaan sharia telah berkembang dan diharapkan perusahaan dapat menjalin hubungan kepada HIMA EKIS FEB UNAIR apabila berkerjasama maupun informasi mengenai lowongan kerja di perusahaan mereka yang turut serta membantu lulusan dari Jurusan Ekonomi Islam Universitas Airlangga.

SHARIA FAIR BEAUTY CLASS

SHARIA FAIR TALKSHOW UNAIR

SHARIA FAIR UNAIR

Tags :
Hits 34