Musyawarah Regional : Agenda Regional FoSSEI Jawa Timur yang Diikuti oleh Delegasi HIMA EKIS dan UKMF AcSES

Musyawarah Regional : Agenda Regional FoSSEI Jawa Timur yang Diikuti oleh Delegasi HIMA EKIS dan UKMF AcSES

  • By Hima Ekonomi Islam FEB Unair
  • In HIMA EKIS NEWS
  • Posted 08 Desember 2019
 
 
 

Surabaya - Sabtu-Senin, 23-26 Agustus 2019 lalu tujuh delegasi mahasiswa Universitas Airlangga berpartisipasi dalam agenda “Musyawarah Regional (MUREG) FoSSEI (Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam) Jawa Timur 2019”. MUREG sendiri merupakan agenda tahunan FoSSEI Regional Jawa Timur yang diisi dengan seminar internasional, agenda utama musyawarah regional dan pemilihan koordinator regional, dan ditutup dengan KSEI Award.

MUREG yang bertempat di STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan kali ini mengusung tema “Optimalisasi Wakaf dan Sociopreneur Guna Mewujudkan Indonesia Sebagai Pusat Halal Industri di Dunia ” pada Seminar Internasional yang mengundang 2 pembicara; Dr. Mohammad Mahbubi Ali, SE.I, M.E.I,. CIFP (Director Of Economy Department, International Institute Of Advanced - Islamic Studies, Malaysia) dan M. Ali Irsyad, S.Ikom, Cht (CEO & Founder Of PT. Ijad Group R.S.). Kedua narasumber menekankan bahwa dalam merintis usaha, what comes first adalah bagaimana agar usaha yang sedang digeluti mendatangkan manfaat dan mengatasi permasalahan umat. Sedangkan afiliasi dengan wakaf terletak pada alokasi penggunaan dana wakaf untuk usaha yang halal dan berorientasi umat, atau alokasi keuntungan usaha yang digunakan untuk wakaf dan terus dikembangkan agar nilainya tetap utuh.

GAMBAR 1

Gambar 1: Delegasi dari HIMA Ekis dan UKMF AcSES

Hari kedua diisi dengan musyawarah regional dengan agenda penyajian laporan pertanggungjawaban FoSSEI Regional Jawa Timur dan pemilihan koordinator regional masa bakti 2019/2020 sekaligus pemilihan tuan rumah kegiatan agenda FoSSEI Jawa Timur. Koordinator Regional terpilih adalah Vicki Luvian dari KSEI FEB Universitas Jember.

Hari ketiga adalah hari terakhir yang diisi dengan fieldtrip dengan ziarah ke maakam Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, serta KSEI Award. Agaknya mengirim tujuh delegasi dalam agenda regional tidak sia-sia sebab dalam KSEI Award, UKMF AcSES mendapat penghargaan sebagai KSEI dengan kaderisasi terbaik. Serta salah satu delegasi, Clarissa Fortunela (Ekonomi Islam, 2018) mendapat Juara 2 Desain Poster dalam FORMASI (re:Salah satu program kerja Departemen PR FoSSEI Jawa Timur).

GAMBAR 2

Gambar 2: KSEI AcSES menerima penghargaan sebagai KSEI Kaderisasi terbaik.

GAMBAR 3

Gambar 3: Clarissa Fortunela menerima penghargaan Juara 2 Desain Poster FORMASI

Agenda MUREG sedikit banyak telah memberi pengalaman, pelajaran, dan relasi dalam kawasan regional. In conclusion, agenda regional bukan hanya bertujuan menunaikan tugas, namun lebih dari itu juga sebagai ajang silaturahim dan wadah belajar dari sesama KSEI yang menjadi peserta delegasi.

Tags :
Hits 465

FEB UA